Kamis, 17 Desember 2020

Work Permit Indonesia dan Proses Untuk Memperolehnya bagi Tenaga Asing


Apabila anda mencari pekerjaan di Indonesia, maka syarat utama yang harus dimiliki adalah memiliki work permit Indonesia terlebih dahulu. Tanpa memiliki dokumen yang satu ini maka anda tidak dapat bekerja dengan sah di Indonesia. Selain itu, anda juga tidak memperoleh hak-hak sebagai seorang pekerja di Indonesia. 

Work permit sendiri merupakan surat izin bekerja bagi warga asing yang ingin bekerja di Indonesia secara legal dengan mendapatkan kompensasi upah maupun gaji. Dengan keberadaan work permit inilah, maka anda dapat memperoleh hak penting sebagai pekerja asing di Indonesia. Hal inipun ternyata sudah diatur oleh pemerintah Indonesia. 

Perbedaan work permit dan visa bisnis 

Tidak sedikit dari masyarakat yang ternyata belum memahami apa perbedaan dari work permit Indonesia dan visa bisnis tersebut. Walaupun terdengar sama, tetapi kedua izin tersebut memiliki perbedaan. 

Dimana visa bisnis merupakan izin yang digunakan untuk urusan bisnis di Indonesia dalam waktu yang tidak lama seperti untuk menghadiri seminar konferensi, pelatihan tidak dibayar dan masih banyak lagi. Visa ini ternyata juga tidak dapat digunakan untuk bekerja. 

Sedangkan untuk izin kerja atau work permit merupakan izin yang diperoleh para pekerja asing agar dapat bekerja di Indonesia. Adapun beberapa dokumen penting untuk dapat memperoleh work permit adalah IMTA dan KITAS. Anda wajib mempunyai VITAS sebelum memperoleh KITAS agar bisa tinggal di Indonesia dalam waktu lama. 

Syarat-syarat memperoleh work permit Indonesia 

Adapun syarat-syarat buat memperoleh work permit Indonesia yang harus dipahami oleh setiap TKA. Adapun pemberi kerja di Indonesia yang akan memperkerjakan warga asing maka harus memperoleh RPTKA yang mana dikeluarkan oleh menteri Ketenagakerjaan Indonesia. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi para TKA untuk memperoleh work permit diantaranya adalah. 

  1. Mempunyai pendidikan dimana sesuai dengan kualifikasi jabatan yang akan dilamar
  2. Adanya surat pernyataan maupun laporan pelatihan dan keahlian. Surat ini sangat penting bagi para pemberi kerja TKA
  3. Mempunyai pengalaman yang bersangkutan dengan pekerjaan selama 5 tahun 
  4. Mempunyai polis asuransi yang ada di Indonesia 
  5. Mempunyai NPWP dan telah mendaftar ke jaminan social nasional apabila ingin bekerja di Indonesia selama lebih dari 6 bulan. 

Bagaimana proses memperoleh izin kerja di Indonesia 

Untuk memperoleh izin kerja di Indonesia ini terdapat beberapa proses dimana wajib untuk anda penuhi. Langsung saja simak ulasan dibawah ini. 

  1. Perusahaan sponsor mendapatkan persetujuan yang dikeluarkan oleh RPTKA. Dimana RPTKA dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia 
  2. Perusahaan sponsor TKA harus melalui proses pra IMTA atau pra izin kerja. Mereka akan diberitahu kapan durasi seorang TKA dapat bekerja dan tinggal di Indonesia 
  3. Pembayaran DP sebesar 100 USD per bulan dimana akan dibayarkan untuk DKP-TKA 
  4. Dengan memiliki izin kerja atau IMTA yang sudah memperoleh persetujuan maka seorang TKA dapat bekerja secara legal di kawasan Indonesia
  5. Dengan izin inilah, maka kantor imigrasi Indonesia akan mengeluarkan VITAS buat TKA 
  6. Selain itu, VITAS yang sudah diperoleh tersebut harus diubah menjadi KITAS apabila sudah tiba di Indonesia

Mau bekerja di Indonesia secara legal? Maka anda membutuhkan work permit Indonesia. Mengurus dokumen yang satu ini memang akan memakan waktu dan tenaga banyak bukan. Agar proses pembuatan work permit semakin mudah, segera hubungi permitindo.com

0 komentar:

Posting Komentar