Senin, 12 Oktober 2020

Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Penyebab Kecelakaan Kerja


Baik perusahaan maupun karyawan harus paham apa saja penyebab kecelakaan kerja. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena terjadinya kecelakaan kerja menjadi hal yang tidak terduga dan bisa menimbulkan kerugian bagi manusia, perusahaan, serta lingkungan.

Maka dari itu, setiap perusahaan dan karyawan haruslah mencari tahu apa saja penyebab kecelakaan kerja yang bisa dialami dan apa saja tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Untuk membantu Anda, berikut informasi mengenai faktor penyebab kecelakaan kerja yang perlu diperhatikan!

Ingin Cepat Menyelesaikan Pekerjaan dan Mencari Cara Paling Mudah

Penyebab kecelakaan kerja sering disebabkan karena faktor mencari jalan pintas atau mudahnya untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga tidak melakukan prosedur kerja yang seharusnya. Bagi Anda yang bekerja di pabrik yang penuh dengan mesin atau bahan kimia berbahaya atau tempat-tempat yang rentan dengan kecelakaan kerja, cara ini sebaiknya dihindari.

Pastikan Anda selalu mengikuti prosedur kerja yang sudah ditetapkan perusahaan atau tempat kerja agar bisa meminimalisir risiko kecelakaan kerja di kemudian hari.

Persiapan Kerja yang Tidak Maksimal

Semua hal bila dilakukan tanpa persiapan tentu tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal, begitu pula dengan hal-hal yang berkaitan pekerjaan. Olehnya itu, sebelum melakukan suatu pekerjaan, persiapkan segala sesuatunya dengan baik agar pekerjaan yang dilakukan juga maksimal dan kecelakaan kerja bisa dihindari.

Tempat Kerja yang Tidak Rapi

Penyebab kecelakaan kerja juga bisa dilatarbelakangi oleh tempat kerja yang berantakan. Kondisi tempat kerja yang tidak rapi justru akan meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Cobalah biasakan untuk mengembalikan kembali barang yang sudah digunakan ke tempat semula.

Tempat kerja yang rapi bisa membuat pekerjaan jadi lebih teratur dan proses bekerja jadi lebih nyaman, aman, bahkan bisa lebih cepat. Perlu ada kerjasama antara pihak perusahaan maupun seluruh karyawan untuk menjaga kerapian tempat kerja.

Menganggap Remeh Prosedur Kerja

Faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja juga bisa disebabkan oleh sikap karyawan yang menganggap enteng pekerjaan. Sering kali pekerja suka menganggap remeh prosedur kerja yang sudah ditetapkan bahkan terlalu percaya diri. Akibatnya membuat pekerja jadi kurang berhati-hati saat bekerja. Bukan tidak mungkin kondisi ini malah menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Faktor Lingkungan

Terakhir, faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja juga bisa dikarenakan situasi lingkungan seperti kebisingan, lantai yang licin, penerangan yang kurang, dan suhu udara yang sangat mengganggu pekerja. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan. 

Semoga informasi terkait penyebab kecelakaan kerja di atas bisa membantu Anda lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan, khususnya bagi Anda yang memang bekerja di tempat-tempat yang memiliki risiko tinggi.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan perlindungan diri salah satunya dengan menggunakan asuransi jiwa seperti Prestigio BTN dari Zurich. Keunggulan Prestigio bisa memberikan perlindungan jiwa lengkap dengan Asuransi Tambahan. Manfaat utama yang bisa dirasakan adalah memberikan bantuan sebesar Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dunia selama masa asuransi masih berjalan.

0 komentar:

Posting Komentar