Kamis, 10 September 2020

Mengintip Beberapa Fitur dalam Lampu Headlamp Mobil


Headlamp merupakan lampu utama mobil yang dapat menerangi jalan dilengkapi dengan proyektor yang mampu memancarkan cahaya sehingga akan lebih terang dan jelas. Headlamp seringkali disamakan dengan foglamp mobil. Foglamp berada dibagian bawah mobil dan memiliki bentuk bulat dan digunakan untuk lampu kabut. Foglamp cukup populer digunakan untuk mobil SUV dan berfungsi untuk memberikan penerangan ketika berada di kabut tebal hujan deras ketika dalam perjalanan. Foglamp memiliki warna kuning dan dipasang pada untuk memberikan tampilan menarik dibawah lampu headlamp mobil.

Lampu headlamp mobil memiliki jenis LED, halogen dan HID. LED merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan ruangan, lampu penerangan untuk nomor kendaraan dan lampu rem dan kini menjadi lampu utama dengan intensitas cahaya yang terang. LED lumiled dengan daya tinggi dan mampu menerangi lampu utama. LED cree merupakan lampu yang tersusun dengan kapasitas modul didalamnya dan menjadi lampu sein serta lampu rem. LED COB atau Chip On Board merupakan lampu yang memiliki tersusun atas papan dan mengganti lampu kabin pada plafon. Halogen merupakan lampu dengan konsep teknologi tinggi dan harganya cukup terjangkau, digunakan dengan filamen wolfram dengan transparan kompak dan idealnya memiliki 3000 kelvin hingga mencapai 5000 kelvin. HID merupakan lampu yang menggunakan pengapian xenon dalam tabung.

Berikut adalah teknologi dalam headlamp mobil diantaranya:

  • Auto headlamp akan menyalakan lampu besar dan lampu kota dengan otomatis ketika kurangnya cahaya dalam gelap ketika masuk melalui terowongan dilengkapi dengan automatic light control sensor sehingga akan mendeteksi tingkat kecerahan sekitar mobil dan terletak diatas dashboard dan diposisikan dalam posisi auto.
  • Follow me home adalah fitur yang dapat menyalakan lampu dalam waktu 30 detik pada bagian depat ketika pengendara mobil keluar dari mobil bahkan membantu menerangi pengemudinya masuk dalam rumah dan membutuhkan pencahayaan dengan baik.
Selain itu, terdapat fitur auto turn off jika mematikan mesin dan meninggalkan kendaraan lalu menyalakan lampu. Jika headlamp menyala maka dapat mematikan kunci dan membuka pintu lalu secara otomatis akan mematikan lampu utama sehingga baterai menjadi lebih aman. Auto level control merupakan ketinggian pada lampu sorot yang berada di barang bawaan garasi, hal ini akan menyilaukan penumpang dan fitur ini akan menyesuaikannya dengan ketinggian pada sorot lampu kepala [ada penumpang didalamnya. Terdapat adaptive frontlight system yang mampu mengikuti arah lampu dengan sorot laju kendaraan ketika sedang berbelok.

Berikut adalah cara menjaga lampu utama mobil diantaranya:

  • Gunakan bohlam lampu sesuai dengan daya standarnya karena panasnya akan mengakibatkan lampu mobil berubah menjadi kuning.
  • Perhatikan karet penutup bohlam karena terkadang karet mengalami getas atau robek, jika hal tersebut terjadi sebaiknya menggantinya karena akan menyebabkan kotoran dan debu masuk dalam mobil.
  • Perhatikan seal pada penutup mika di bagian luar lampu dan jika seal rusak maka sebaiknya merapikannya sehingga tidak terdapat celah.
Untuk menjaga lampu headlamp mobil sebaiknya bersihkan kap mesin pada bagian depan dan gunakan isolasi sehingga dapat merapatkan lubang-lubang jalan masuknya. Parkirkan mobil di tempat teduh dari sinar UV yang memberikan dampak seperti menguning lebih cepat oleh karena itu jauhkan mobil agar terhindar dari cahaya matahari langsung. Dapat juga menggunakan cairan anti UV sehingga akan menjaga kaca mobil dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar