Kamis, 20 Agustus 2020

Penggunaan Pompa Sebagai Penunjang Tambang Batu Bara


Salah satu media penunjang yang digunakan dalam tambang batu bara adalah pompa tambang. Pompa tambang ini digunakan untuk menjaga front kerja agar operasional penambangan dapat bekerja dengan sebaik mungkin. 

Caranya yakni dengan mengalirkan air yang ada di bagian tampungan air tambang  atau sump ke sungai. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu operasi saat proses penambangan.

Air yang berada di sump merupakan air hasil dari penambangan yang telah tercampur dengan air hujan di penambangan. Pada setiap penggalian akan menghasilakan air yang akan dialirkan atau ditampungg pada sump dan dialirkan ke sungai. Air yang dialirkan tersebut nantinya harus memiliki ph yang rendah, yakni sekitar 3-5.

Pada perusahaan tambang batu bara memang sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pompa tambang. Karena agar perusahaan penambang dapat menjalankan usahananya dengan baik dan seefektif mungkin. Pompa tambang juga dapat digunakan sebagai penyedia  air dengan memanfaatkan air sungai yang ada di sekitar penambangan.

Biasanya pompa yang digunakan dalam pertambangan adalah pompa sentrifugal. Karena untuk fluida yang dialirkan merupakan air yang telah bercampur dengan lumpur. Dengan menggunakan pompa sentrifugal, maka akan mampu beroperasi dalam head yang tinggi. 

Namun untuk mendapatkan yang lebih tinggi lagi, maka dibutuhkan pompa sentrifugal yang tingkatnya lebih banyak.

Pompa sentrifugal sendiri terdiri dari 2 jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Pompa submersible

Pompa submersible adalah jenis pompa yang dicelupkan ke dalam air dengan kapasitas daya jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk penggeraknya, pompa ini mengggunakan sebuah alat yang bernama elektrik tipe.

2. Pompa non submersible

Pompa non submersible adalah jenis pompa yang ada di darat. Kapasitas yang dimiliki pompa ini tergolong tinnggi, sebab mampu memindahkan air pada debit yang besar. Pompa ini akan menggerakkan dua macam yaitu elektrik dan engine atau solar. Biasanya hal ini terdapat pada industri minyak dan gas.

Sebelum anda memutuskan untuk mendatangkan jasa pompa tambang. Maka alangkah baiknya anda berkonsultasi dahulu pada ahlinya. Dengan begitu anda akan mengetahui jenis pompa paling tepat yang bisa digunakan

0 komentar:

Posting Komentar