Selasa, 25 Agustus 2020

Ini Dia 5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi dalam Masa Pemulihan Pasca Stroke


Stroke merupakan masalah kesehatan yang sering kali dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun memang tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang masih berusia muda untuk terserang penyakit ini, karena sudah banyak kasus yang terjadi, baru berusia 30an tahun, namun sudah menderita stroke. Ini juga bukan jenis penyakit yang dapat disepelekan, karena setelah serangan pertama maka kehidupan Anda nantinya akan berubah secara total, mengingat kualitas hidup juga akan mengalami penurunan. Itulah mengapa banyak yang menunjangnya dengan terapi-terapi pemulihan stroke.

Paling tidak dengan dilakukannya terapi-terapi semacam ini juga bagus untuk mengembalikan kemampuan tubuh yang mengalami penurunan pasca serangan stroke pertama. Seperti diantaranya adalah masalah pada saat berkomunikasi, karena penderita stroke akan mengalami penurunan kemampuan dalam berbicara akibat sarafnya yang bermasalah. Juga kemampuan lain untuk bergerak layaknya berjalan, memegang sesuatu dan sejenisnya. Umumnya dokter sendiri akan menganjurkan terapi ini dilakukan di rumah sakit ataupun bagi yang ingin praktis maka bisa melakukan terapi di rumah.

Ada banyak sekali diantara jasa-jasa terapis yang bisa dipanggil ke rumah untuk melakukan pelayanan tersebut. Selain dengan menjalankan terapi semacam ini, maka wajib untuk mengonsumsi obat-obatan penunjangnya secara rutin sesuai dengan anjuran dokter, guna mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Karena sebenarnya memang inilah faktor awal yang menyebabkan penyakit stroke tersebut. Ditambah dengan perubahan gaya hidup sebenarnya juga memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah agar tidak terjadi serangan stroke untuk kedua kalinya.

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis makanan yang bagus untuk pemulihan pasien stroke, yaitu:

  1. Ikan salmon, pastinya banyak yang sudah tak asing dengan ikan laut dalam yang satu ini bukan. Ia kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang begitu banyak khasiatnya. Termasuk diantaranya adalah dapat menormalkan kadar brain derived neurotrophic factor. Dimana ia dapat bekerja membantu pemulihan stroke. Selain itu manfaat yang lainnya adalah dapat melindungi cedera traumatis yang disebabkan oleh serangan stroke yang sebelumnya.
  2. Blueberry, salah satu jenis buah berry ini tak hanya dikenal enak, melainkan juga kaya akan manfaat. Karena bagus di dalam meningkatkan daya ingat, maka ia juga sangat berguna jika seandainya dikonsumsi oleh pasien stroke, mengingat ia dapat meningkatkan kemampuan kognitif tersebut yang mengalami penurunan setelah cedera sebelumnya.
  3. Delima, buah yang banyak mengandung biji ini kaya akan kandungan antipksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Apalagi otak pasien yang sudah terkena stroke sebelumnya juga akan lebih rentan untuk terkena pengaruh radikal bebas. Sehingga dengan konsumsi buah delima ini sangatlah bagus di dalam memulihkannya kembali.
  4. Tomat, sayuran yang satu ini sangat mudah untuk dijumpai, bahkan dari segi harganya sendiri juga terjangkau. Tomat sendiri memang kaya akan kandungan likopen, senyawa tersebut berfungsi sebagai neuroprotektif yang dapat mengurangi terjadinya kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke iskemik.
  5. Alpukat, buah enak yang satu ini ternyata juga sangat bagus dikonsumsi oleh pasien stroke, karena mengandung senyawa asam aoleat yang dapat membantu pemulihan bagi penderita stroke secara lebih optimal.
Imbangi juga dengan berbagai macam terapi pemulihan pasca stroke, temukan terapis yang sudah berpengalaman untuk memberikan layanan di rumah secara mudah hanya dari Aido Health. Apalagi memang cukup rentan melakukan terapi di luar sana dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar