Selasa, 14 April 2020

Loadbank dan Manfaatnya Bagi Kebutuhan Industri


Kebutuhan pasokan listrik pada industri memang tidak bisa dipungkiri kebenarannya. Setiap kegiatan produksi pasti membutuhkan pasokan listrik yang terus mengalir tanpa putus. Loadbank berkualitas dapat menjadi solusi bagi permasalahan listrik pada sebuah industri.

Loadbank merupakan sebuah perangkat yang dibutuhkan sebagai pengembang beban listrik agar nantinya beban operasional dalam sebuah industri dapat dikontrol melalui sebuah sistem serta dikelola dengan efisien.

Manfaat Loadbank untuk Kegiatan Industri

1. Memindahkan Beban Kerja pada Generator

Beban yang terlalu besar pada generator dapat mengakibatkan hilangnya beban kejut secara mendadak. Hal ini berkaitan dengan penggunaan crane yang dioperasikan dengan generator. Dengan adanya loadbank maka dapat menampung beban crane yang akan ditampung langsung pada unit loadbank.

Dengan pemindahan beban tersebut akan sangat bermanfaat pada kestabilan generator selama menjalankan fungsinya.

2. Menguji Mesin Diesel dan Turbin

Selain untuk memindahkan beban kerja generator, loadbank juga bisa digunakan untuk dijadikan alat tes load genset serta turbin. Untuk mengukur spesifikasi mesin diesel menurut kapasitas sebenarnya juga dapat menggunakan loadbank.

Loadbank akan digunakan setelah mesin diesel, turbin, maupun genset telah digunakan selama lebih dari 14.000 jam pengoperasian. Penurunan kemampuan dari ketiga mesin tersebut akan dilakukan dengan loadbank.

Acuan servis secara berkala juga dapat dilakukan dengan pengelolaan performa mesin diesel yang telah diuji dengan loadbank tersebut.

3. Mendukung Pengujian Sinkronisasi Mesin

Manfaat loadbank lainnya yakni dapat digunakan saat proses sinkronisasi mesin agar berjalan dengan lancar. Proses sinkronisasi didahului dengan melakukan setting pada loadbank agar penggunaan listrik pada industri tidak terganggu dan proses sinkronisasi bisa berjalan dengan baik.

Loadbank yang berkualitas dapat Anda sewa di Sewatama selaku ahlinya permesinan. Berbagai jenis kebutuhan loadbank siap diujikan pada unit pembangkit yang ada di perusahaan Anda agar lebih baik. Adapaun jenis loadbank yang bisa diuji coba antara lain resistive, capacitive, inductive, maupun electronic.

Memilih loadbank yang berkualitas sangat penting, mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan dari pemasangan loadbank bagi sistem operasional di industri. Mempercayakan pada ahlinya adalah salah satu keputusan tepat untuk menghindari kerugian serta hal yang tidak menguntungkan bagi perusahaan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar