Jumat, 24 April 2020

4 Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil


Ketika sedang dalam kondisi mengandung buah hati Anda, maka Anda harus benar-benar menjaga asupan gizi dari makanan-makanan yang dikonsumsi agar Anda serta janin yang berada dalam kandungan bisa tetap sehat. Salah satu vitamin yang harus dikonsumsi selama Anda berada dalam masa kehamilan adalah vitamin B Complex. Manfaat vitamin B complex membantu menjaga Anda dan janin senantiasa sehat. 

Mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan mengandung banyak kandungan vitamin juga bisa membuat anak yang berada dalam kandungan Anda bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Berikut beberapa manfaat vitamin B complex untuk kehamilan serta kesehatan janin yang ada dalam kandungan Anda.

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau memiliki sebutan lain thiamin adalah vitamin yang bermanfaat untuk mengoptimalisasi perkembangan otak pada janin. Selain perkembangan otak, vitamin ini juga dapat membantu perkembangan sistem saraf serta jantung bayi Anda. 

Sesuai anjuran yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan, Anda membutuhkan asupan vitamin B1 sekitar 1,4 miligram setiap harinya selama masa kehamilan. Vitamin B1 ini bisa Anda dapatkan dari makanan-makanan seperti ikan, oat, kacang-kacangan, salmon, roti, sereal, kaldu jamur, atau pasta gandum. 

2. Vitamin B2

Jika ingin membuat kulit Anda serta bayi menjadi lebih cerah dan bersinar, maka Anda harus rajin mengkonsumsi vitamin B2. Vitamin ini juga bisa mencegah ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi yang akan sangat berbahaya bagi kehamilan. Dengan konsumsi secara rutin, vitamin B2 bahkan bisa mencegah preeklampsia pada ibu hamil. 

Anda membutuhkan sekitar 1,7 miligram vitamin B2 setiap harinya selama masa kehamilan. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari makanan-makanan seperti sayuran hijau, almond, wortel, ubi jalar, susu, keju, atau telur. 

3. Vitamin B3

Manfaat vitamin B Complex selanjutnya bisa Anda dapatkan dari vitamin B3 yang bisa mengatasi rasa mual yang sering terjadi selama masa kehamilan. Selain itu, vitamin B3 juga bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan saat hamil serta meredakan keluhan sakit kepala seperti migrain yang sering dialami oleh ibu hamil. 

Selain bermanfaat untuk ibu, vitamin B3 juga bermanfaat untuk janin karena mampu mengoptimalkan perkembangannya. Anda membutuhkan 16 miligram vitamin ini setiap hari yang bisa didapatkan dengan konsumsi dada ayam, ikan tuna, alpukat, atau tomat. 

4. Vitamin B5

Konsumsi vitamin B5 yang cukup dapat mencegah Anda mengalami kram kaki yang seringkali menjadi keluhan para ibu hamil. Ketika hamil, Anda membutuhkan sekitar 6 miligram vitamin B5 setiap harinya. Vitamin ini bisa didapat dari berbagai konsumsi makanan seperti beras merah, kuning telur, brokoli, atau kacang mete. 

Itulah beberapa manfaat vitamin B Complex yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan serta harus dikonsumsi oleh ibu hamil serta janin yang dikandungnya untuk membuat ibu tetap sehat dan bayi bisa berkembang. 

0 komentar:

Posting Komentar