Senin, 09 Maret 2020

Menjadi Pionir E-Procurement Indonesia, Inilah 5 Manfaat dan Kelebihan E-Procurement


Dalam sebuah bisnis tahapan procurement atau pengadaan barang dapat menjadi salah satu faktor penentu kelancaran bisnis. Dengan era perkembangan internet sekarang ini dengan hadirnya pionir e-procurement Indonesia, membuat proses procurement untuk bisnis saat ini beralih ke sistem online. Sistem procurement secara online ini memang banyak diminati karena berbagai manfaat dan kelebihannya seperti berikut. 

1. Efisiensi waktu dan tenaga

Sama seperti hal-hal lainnya yang dilakukan dengan sistem online, kelebihan e-procurement yang paling terasa adalah lebih membuat kegiatan bisnis Anda lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu atau tenaga.

Dengan sistem e-procurement, segala hal yang berkaitan dengan procurement bisa dilakukan dengan sistem online. Anda kini tidak perlu berkali-kali melakukan dan menghadiri meeting sehingga waktu dan tenaga Anda bisa digunakan untuk kepentingan bisnis yang lain.

2. Lebih menghemat biaya

Berbagai meeting dan pertemuan bisnis yang Anda lakukan tentu mengharuskan Anda mengeluarkan biaya operasional seperti konsumsi dan transportasi, tidak terkecuali untuk meeting dan pertemuan dalam proses procurement. 

Dengan menggunakan sistem e-procurement seperti sistem yang diterapkan para pionir e-procurement Indonesia, Anda bisa lebih menghemat biaya perusahaan. Salah satunya Anda juga bisa menghemat biaya kertas dan mesin cetak karena kini seluruh proses telah dilakukan dalam bentuk digital. Ini juga membuat Anda secara tidak langsung telah memilih proses bisnis yang lebih ramah lingkungan. 

3. Mengurangi beban pekerjaan

Sistem e-procurement membuat seluruh data pembelian hingga PO vendor sudah otomatis tersimpan dalam sistem. Sistem e-procurement bahkan tidak hanya sebatas data pembelian saja, namun juga hingga data-data yang sangat detail seperti perhitungan pajak dan delivery order. Dengan sistem yang sudah otomatis seperti ini, maka beban pekerjaan Anda bisa berkurang sehingga Anda bisa melakukan kegiatan bisnis Anda yang lain.

4. Lebih efektif dan efisien

Dengan menggunakan sistem e-procurement, Anda bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Anda hanya perlu duduk di depan komputer dan melakukan semua tahapan proses procurement dari layar komputer Anda. 

5. Lebih aman dan transparan

Seluruh data-data vendor yang tersimpan dalam sistem e-procurement akan lebih aman dan bisa dipertanggung jawabkan karena menggunakan sistem kunci publik. Sistem e-procurement yang berbasis online juga membuat vendor-vendor harus memberikan data mereka secara bersama-sama sehingga proses procurement bisa berjalan lebih transparan. 

Selain itu, sistem online juga tidak mengenal istilah telat waktu, ini membuat vendor-vendor yang teregistrasi bisa lebih disiplin dibanding dengan menggunakan proses procurement yang masih konvensional.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem e-procurement untuk bisnis Anda. Seiring hadirnya pionir e-procurement Indonesia yang membuat tren procurement saat ini beralih ke sistem online, maka ini saatnya bagi Anda untuk ikut beralih ke sistem e-procurement.  

0 komentar:

Posting Komentar