Kamis, 06 Februari 2020

Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin Serta Cara Penggunaannya


Mentega dan margarin menjadi produk yang sekilas sama. Keduanya sering kali tampil dalam proses pembuatan cake maupun roti. Bagi orang awam mentega serta margarin mungkin sama saja. Namun, pada dasarnya penggunaan mentega lebih cocok digunakan dalam berbagai resep membuat kue. Mentega memiliki aroma khas yang ketika roti di panggang aroma tersebut akan tercium. Berbeda dengan margarin yang lebih hambar. Tetapi, bukan berarti ia tidak bisa digunakan dalam membuat roti. Bagi para vegetarian posisi margarin lebih penting. Jadi, perbedaan mentega dan margarin menjadi poin penting yang harus diketahui.

Namun, berhubung secara visual keduanya hampir sama. Sering kali orang salah dalam menentukan. Meskipun begitu, mentega dan margarin pada dasarnya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Anda mampu melihat pertama kali warna. Dimana mentega lebih pucat. Sedangkan margarin mempunyai warna kuning cerah. Hal ini disebabkan oleh bahan penyusun keduanya berbeda jauh. Kondisi tersebutlah yang kemudian memunculkan karakteristik berikut:

  1. Mentega dibuat dari lemak hewani. Sehingga, membuatnya memiliki kandungan kolesterol serta lemak jenuh lebih tinggi. Hal tersebut tidak akan temukan pada margarin karena ia terbuat dari lemak nabati. Sampai disini terjawab kenapa margarin lebih ramah bagi Anda yang masih diet maupun vegetarian.
  2. Mentega memiliki aroma khas yang akan keluar jika roti di panggang. Namun, aroma ini tidak terlalu tercium ketika Anda menggunakan margarin.
  3. Mentega bisa diolah sendiri di rumah. Sedangkan margarin harus melalui produksi pabrik.
Mentega lebih lembek dari margarin. Itu karena ia memiliki kandungan air yang lebih banyak. Berbeda dengan margarin yang semuanya diproses secara sistematis. Sampai disini jelas bahwa ada baiknya mentega tersimpan di lemari pendingin. Jumlah dari lemak jenuh pada mentega mencapai 80%.

Fakta tersebut tidak akan Anda temukan di margarin yang notabene terbuat dari lemak nabati. Selain itu, bisa juga dibedakan dari aroma yang dikeluarkan. Perbedaan mentega dan margarin menjadi aktivitas yang mudah bagi pecinta variasi cake, dan roti. Bukankah hal tersebut mudah untuk dilakukan? selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar