Kamis, 16 Januari 2020

4 Langkah Efektif Meningkatkan Skill Kerja


Perusahaan dalam segmen industri apapun memiliki dinamika internal tersendiri dimana tenaga kerja senantiasa terus berjuang untuk memperhatankan posisinya. Hal ini terjadi karena banyak pasokan tenaga kerja dan berkualitas di pasar tenaga kerja. Sementara itu, perusahaan harus melakukan peningkatan skill karyawan agar tidak harus mengikuti rekrutmen ulang. 

Peningkatan skill karyawan adalah solusi yang efektif untuk menghemat waktu dan biaya. Nantinya perusahaan akan memberikan pelatihan kemampuan yang harus di kuasai agar bisa didapatkan efek peningkatakn produktivitas. Nah, berikut ini ada beberapa langkah untuk meningkatkan skill karyawan.

1. Motivasi SDM

Perkembangan tidak akan terjadi tanpa adanya kesadaran, sehingga hal yang pertama yang harus dilaukan adalah memberi motivasi. Motivasinya adalah jika perusahaan tetap eksis, maka perusahaan harus mengikuti perkembangan yang terjadi. Dalam skala kecil, perkembangan ini menuntut adanya skill baru dan semangat kerja yang kuat.

2. Program Pelatihan

Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya, perusahaan memerlukan adanya program pelatihan. Penyusunan program ini harus tepat sasaran dan berdasarkan data yang valid agar dapat menghasilkan output yang optimal. Pelatihan ini diberikan sebagai salah satu upaya peningkatan skill karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Tujuan dan Target yang Jelas

Perusahaan harus memiliki target yang jelas untuk dituju dalam periode waktu tertentu. Target ini ditetapkan dengan pethitungan dan pertimbangan terhadap kondisi pasar serta kemampuan SDM yang dimiliki.

4. Apresiasi

Setiap karyawan tentu akan merasa senang jika pekerjaan yang telah dilakukan diapresiasi oleh perusahaan, sehingga karyawan juga akan memberikan effort yang lebih pada pekerjaannya. Bentuk apresiasi bermacam-macam, misalnya pemberian status karyawan terbaik dengan hadiah kecil yang ikonik, insentif tambahan, tiket liburan, dan promosi jabatan. 

Untuk melakukan peningkatan skill karyawan, perusahaan memang harus merencanakannya dengan teliti dan berorientasi pada hasil. Nah, bagi Anda yang ingin bekerja di salah satu perusahaan misalnya, Anda dapat mendaftarkan diri di aplikasi pencari kerja. 

Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman kerja, karena Job2Go tidak hanya disediakan untuk Anda yang sudah berpengalaman kerja. Job2Go juga menyediakan berbagai jenis pekerjaan bagi Anda yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda yang ingin mengikuti magang, menjadi sukarelawan, bahkan Anda yang sekedar ingin mencari pengalaman atau meningkatkan skill juga dapat mendaftar di Job2Go. Info lengkap aplikasi ini bisa diakses melalui Job2Go.net. Yuk download sekarang juga aplikasinya!

0 komentar:

Posting Komentar