Rabu, 27 November 2019

Yuk, Kenali Gejala Kanker Kerongkongan Sebelum Terlambat


Sumber : hellosehat.com

Pernah tau gejala kanker kerongkongan? Kanker kerongkongan merupakan kanker yang terletak di kerongkongan. Siapa yang nyangka, seseorang terkena kanker kerongkongan. Karena gejala kanker ini hampir sama dengan penyakit biasa. Namun, apabila gejala kanker tersebut berlangsung terus-menerus maka segera periksakan ke dokter. Jika telah divonis kanker oleh dokter, segera lakukan pengobatan. Itu dilakukan apabila telah terserang kanker kerongkongan. Apabila belum terkena kanker ini, maka alangkah baiknya jika kita segera lakukan pencegahan terhadap kanker ini. Sebab, kerongkongan adalah tempat masuknya makanan dan minuman. Apabila tidak ada makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh, maka berakibat timbulnya penyakit lain dalam tubuh. Penyakit pencernaan adalah hal yang pasti terjadi apabila tidak ada makanan yang masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui gejala kanker kerongkongan ini. Agar kanker ini dapat segera diobati sebelum kanker semakin parah, dan menjalar ke organ tubuh yang lain. Inilah beberapa gejala kanker kerongkongan menurut berbagai sumber.

Menurut hellosehat.com, ada beberapa gejala umum pada kanker kerongkongan, diantaranya adalah :

1. Benjolan yang terdapat pada leher

Inilah ciri-ciri khas jika terkena kanker kerongkongan. Yaitu munculnya benjolan yang tidak lazim pada leher. Hal tersebut menandakan adanya tumor. Bila benjolan pada leher tersebut tumbuh cepat dalam waktu singkat, bisa dipastikan ini adalah kanker kerongkongan. Berbeda dengan benjolan leher yang disebabkan amandel. Benjolan yang disebabkan amandel akan hilang jika penyakitnya sembuh. Akan tetapi benjolan yang disebabkan kanker pada umumnya tidak akan hilang dan justru semakin membesar.

2. Perubahan pada suara yang tidak biasa

Perubahan suara pada kanker kerongkongan terjadi secara tiba-tiba. Bila suara tiba-tiba serak dan memelan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini adalah gejala kanker kerongkongan. Perubahan suara tersebut menandakan bahwa sel kanker sedang menyerang pita suara. Hal tersebut mengakibatkan suara menjadi serak, bahkan suara menjadi menghilang sama sekali.

3. Sakit pada tenggorokan

Rasa sakit pada kerongkongan yang disebabkan kanker kerongkongan ini hampir mirip dengan radang tenggorokan. Akan tetapi rasa sakit pada kerongkongan ini terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Rasa sakit yang dirasakan tidak kunjung hilang meskipun sudah meminum obat.

4. Kesulitan dalam menelan

Jika tumor didalam kerongkongan semakin membesar, biasanya penderita kanker ini akan kesulitan dalam menelan makanan. Bahkan ada beberapa orang yang tidak dapat menelan sama sekali. Terasa ada yang tersangkut dalam kerongkongan dan berdehem berkali-keli membuat rasa tidak nyaman dan malas makan. Jika hal tersebut terus dilakukan, maka tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Hal tersebut akan beresiko terjadinya malnutrisi dan kekurangan nutrisi dalam tubuh.

5. Rasa sakit pada telinga

Rasa sakit yang terdapat di kerongkongan dapat menjalar hingga bagian telinga. Telinga merasakan seperti adanya suara berdenging dan nyut-nyutan. Bahkan ada beberapa orang yang sampai kurang mendengar dengan jelas. Maka jika rasa sakit di telinga terjadi secara intens, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

6. Menurunnya berat badan secara drastis

Jika berat badan menurun secara drastis tanpa sebab yang jelas, bisa jadi hal tersebut adalah pertanda gejala kanker kerongkongan. Seorang dokter dalam laman Detik mengungkapkan bahwa berat badan turun drastis disebabkan oleh sel kanker yang menyerap gula dalam tubuh penderita. Hal ini menyebabkan asupan energi pada penderita menjadi berkurang sehingga tubuh akan mengambil cadangan berupa energi dan lemak. Bila hal tersebut terus menerus terjadi, akibatnya massa otot dan jaringan lemak akan berlurang bahkan hilang. Sehingga berat badan penderita menurun drastis. 

Selain gejala diatas, menurut hellosehat.com gejala lain dari kanker kerongkongan ini diantaranya adalah kesulitan bernapas, sakit kepala yang sangat, gangguan dalam berbicara, batuk yang terus menerus bahkan batuk berdarah, dan kulit mengeras di sekitar leher.

Hampir sama dengan sumber sebelumnya, gejala kanker kerongkongan menurut honestdocs.id diantaranya adalah perubahan suara menjadi serak, sulit menelan, sulit bernapas, mengorok, sakit telinga, sakit pada tenggorokan, adanya benjolan yang tidak kunjung sembuh, pendarahan dari hidung dan mulut, penurunan berat badan.

Inilah gejala-gejala pada kanker kerongkongan yang perlu kita ketahui. Segera periksa dan konsultasi ke dokter apabila terdapat gejala-gejala diatas. Agar segera mendapatkan penanganan dan rasa sakit tidak semakin parah.

0 komentar:

Posting Komentar