Rabu, 16 Oktober 2019

Pengertian dari turun berok


Hernia merupakan nama lain dari turun berok masyarakat kita menyebutnya seperti itu. Kondi yang terjadi saat orang atau jaringak ikat di sektarnya yang lemah. Jaringan ikat tubuh seharusnya cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya agar teteap berbeda di posisinya masing-masing. Namun, beberapa hal yang menyebabkan jaringan ikat melemah sehingga tidak dapat menahan organ di dalamnya dan mengakibatkan hernia. 

Jenis Jenis hernia 

Hernia terdiri atas beberapa jenis yaitu:

  1. Hernia inguinalis, Terjadi saat sebagian usus atau jarimgan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan. Hernia ingunalis merupakan jenis hernia yang paling sering terjadi dan pria memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. 
  2. Hernia fermoralis, terjadi saat jaringan lemat atau sebagian usus mencuat ke paha atas bagian dalam. Hernia jenis ini banyak diderita oleh wanita terutama wanita hamil yang memiliki berat badan berlebih atau Obesitas
  3. Hernia hiatus, terjadi ketika sebagian lambung mencuat ke dalam rongga dada melalui diafragma (antara dada dan perut) jenis hernia ini umumnya terjadi pada lansia yang berumur lebih dari 50 tahun. Jika terjadi pada anak kondisi tersbiy disebabkan oleh kelainan bawaan, 
  4. Hernia epigastric terjadi kerika jaringan lemak mencuat melalui dinding perut bagian atas, tepatnya uluhati sampai pusar
  5. Hernia insisional, terjadi ketika usus atau jaringan mencuat melaui bekas luka operasi bagian perut dan panggul, 
  6. Hernia otot terjadi kerika sebagian otot mencual melalui diding perut. Jenis hernia ini juga bisa terjadi pada otot kaki yang cedera saaat berloah raga.
  7. Hernia Spigelian terjadi kerika sebagian usus mendorong jaringhan ikat yang terletak di sisi luar otot rektus abdonimus, yaitu otot yang membenytang dari tulang rusuk hingga tulang panggul dengan karakterisktik tonjolan yang umumnya kita kenal dengan nama ‘sick pack’ Hernia Spigelian paling sering timbul di daerah sabuk Spigelian, yaitu daerah pusar ke bawah. 

Penyebab hernia 

Hernia disebabkan oleh kombinasi antara kondisi otot yang tertarik dan melemah, ada beberapa hal yang menyebabkan otot tubuh melemah. Yaitu, Usia, Batuk kronis, Bawaan lahir terutama di pusar dan diafragma, cedera atau komplikasi dari operasi di bagian perut.

Selain itu ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami hernia terutaka saat otot tubuh mulai melemah diantaranya adalah. 

  1. Konstipasu yang menyebabkan penderitanya garu mengejan pada saat buang air besar.
  2. Terlalu sering meengankayt beban berat 
  3. Penumpukan cairan di dalam rongga perut
  4. Berat badan meningkat secara tiba-tiba
  5. Bersin yang berlangsung lama
  6. Kehamilan yang menyebabkan meningkatnya tekanan dalam dinding perut
Penyakit seperu cystic fibrosis, secara tidak langsung bisa meningkatkan resiko hernia, Kondisi ini menyebabkan terganggunya fungsi paru yang menimbulkan batuk kronis. 

Gejala Hernia 

Gejala hernia bervariasi, tergantung lokasi juga keparahan nya. Henria di perut atau di selangkanan ditandai dengan munculnya benjolan atai tonjolan yang dapat hilang say berbaring. Namun, benjolan dapat muncul kembali saat penderita tertawa, batuk, tatai mengejan. Berikut ada gejala hernia lainnya. 

  • Nyeri di area benjolan, terutama ketika mengangkat atau membawa benda berat
  • Konstipasi
  • Rasa berat dan tidak nyaman di perut, terutama pada saat membungkuk
  • Ukuran benjolan semakin membesar seiring waktu
  • Benjolan di selangkangan
Setelah diagnose dokter pengidap turun berok akan mendapatkan metode pengobatan berupa terapi obat atau operasi.

0 komentar:

Posting Komentar