Senin, 01 Juli 2019

Mungkinkah Mengajari Membaca Sejak Usia 2-3 Tahun?


Mendidik anak hebat sudah pasti salah satunya dimulai dari buku. Dan tahukah Mam, hal ini bisa dilakukan sejak usia 2-3 tahunan. Meskipun di usia ini ia masih belajar mengenal kata-kata dan objek, latihan membaca sudah bisa dilakukan. Milestone yang bisa dicapai saat usia ini adalah mampu menyebutkan angka dari 1-10, mengenali warna, membaca alpabet sampai mengenali bagian tubuh. Berikut adalah beberapa cara mengenalkan membaca pada balita. 

Cara Mengenalkan Buku Pada Balita Usia 2-3 Tahun

Kenalkan Alpabet 

Pertama-tama, sangat penting mengenalkan alpabet pada si kecil. Mam bisa mulai dengan hal yang menyenangkan, misalnya menggunakan lagu, gambar, flashcards sampai menulis di pasir atau dengan crayon. Lama kelamaan si kecil akan bisa menghubungkan suara dan bentuk alpabet yang di kenalkan. 

Pahami Antara Cinta Buku dan Membaca Buku

Untuk menumbuhkan niat membaca, buatlah si kecil mencintai buku dulu. Kalau Mam sudah berhasil membuatnya cinta buku, maka kebiasaan membaca akan mengikuti dengan sendirinya. Cara yang paling jitu adalah membacakan cerita sederhana dan mengajaknya berimajinasi. Biarkan si kecil bermain dengan bukunya dan pastikan buku yang Mam miliki "edible". 

Selalu Pakai Permainan 

Buatlah game sederhana yang berkaitan dengan bacaan. Misalnya menghubungkan gambar dengan huruf, dan membacakan bukunya dengan nada-nada tertentu. Misalnya dengan cara story telling. 

Hubungkan Dengan Pengalaman

Peran aktif orangtua agar si kecil suka membaca sangatlah penting. Sering-seringlah melakukan role play dengan aktif bertanya dan menjawab. Misalnya setelah Mam membantunya membaca cerita, tanyakan karakter di dalamnya, apa yang terjadi dan sebagainya. Selain membuat aktifitas semakin seru, ini akan meningkatkan daya ingat si kecil juga. Selain itu, hubungkan bacaan yang baru saja di baca dengan pengalaman sehari-hari sehingga si kecil tidak hanya kenal dengan cerita, tapi juga pelajaran moral yang bisa dipetik. 

Nah, itulah tips singkat cara mendidik anak hebat dengan jalan membaca. Mam bisa mulai koleksi buku-buku khusus balita dan ingat ya Mam, dimulai dari yang paling sederhana dulu. Kuncinya buat ia tertarik dulu dengan buku. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar