Rabu, 03 Juli 2019

4 Tipe Sound System yang Dapat Anda Nikmati di Rumah


Apakah anda memiliki rencana membeli audio sound system untuk di rumah? Bingung mau memilih tipe sound system seperti apa yang cocok dengan kebutuhan anda? Nah, alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu beberapa tipe audio sound system yang dijual di pasaran. Berikut ini merupakan 4 tipe sound system yang dapat anda nikmati di rumah.

1. Speaker Bluetooth Portable
Speaker Bluetooth portable merupakan jenis audio sound system masa kini yang dikonfigurasikan dengan sirkuit elektronik yang menyambungkan dua perangkat terdekat dalam frekuensi yang sama. Jenis speaker ini biasanya digunakan untuk disambungkan dengan perangkat smartphone, laptop maupun komputer melalui fitur Bluetooth. 

Speaker aktif ini sangat populer di kalangan remaja. Anda dapat menemukan speaker ini dalam berbagai merk, mulai dari merk biasa hingga merek terkenal. Harga speaker portable ini pun sangat beragam. Anda bisa mendapatkannya dari harga Rp 50.000,- hingga puluhan juta rupiah. Ukuran dan warna speaker portable sangatlah bervariasi. Bahkan speaker ini sudah dilengkapi dengan fitur waterproof, lho.


2. Sound Bars
Bagi anda yang merasa kurang puas dalam menikmati televisi dengan suara melengking dan cenderung bising maka saatnya anda untuk mengupgrade televisi anda. Namun jangan salah, upgrade televisi tidak berarti harus menggantinya dengan televisi yang baru lho. Cukup dengan memasang audio sound system tambahan saja. 

Soundbar merupakan audio sound system yang populer dan sering digunakan untuk meningkatkan kualitas suara pada televisi anda. Selain suara yang dihasilkannya lebih nyaman, soundbar sendiri hanya memerlukan satu kabel saja sehingga biaya yang anda tanggung cukup terjangkau.

Secara umum, terdapat tiga tipe soundbar yang dapat anda gunakan. Pertama, soundbar tunggal tanpa sub terpisah cocok untuk digunakan pada televisi yang terpasang di dinding. Kedua, soundbar yang dikombinasikan dengan subwoofer portable dan beberapa speaker terpisah. Ketiga, pedestal soundbar atau soundbase yang biasa digunakan pada televisi yang memiliki dudukan.

3. Stereo
Tipe audio sound system ketiga adalah tipe stereo. Stereo merupakan sound sistem berskala menengah yang sering digunakan untuk televisi yang biasanya melibatkan dua menara speaker dan receiver. Saluran suara yang dihasilkan cukup solid. Apabila anda menambahkan subwoofer di dalamnya maka suara yang dihasilkan akan lebih halus dan cocok untuk memutar music maupun film. Bahkan anda dapat memanfaatkannya untuk bermain game.

Kelebihan dari stereo adalah sistemnya yang lebih sederhana, suara dapat terdengar lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan speaker televisi biasa. Harga dari sebuah stereo pun tidaklah mahal. Bahkan anda bisa membeli stereo dengan lima speaker dengan harga yang masih terjangkau. Kelebihan lainnya adalah dengan stereo anda dapat memilih amplifier yang terintegrasi secara ringkas dan tidak serumit receiver AV ukuran penuh.

4. Surround Sound System
Bagi anda penggemar film, maka surround sound system bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan sebagai audio sound system di rumah anda. Sound system tipe ini memiliki suara yang lebih bagus dan jelas. Apabila anda menambahkan receiver AV dan pengeras speaker di dalamnya, maka suara yang dihasilkan pun akan semakin menakjubkan. 

Surround sound system memiliki beberapa tipe saluran. Salah satunya adalah quadraphonic, dimana audio sound system ini menggunakan empat saluran speaker yang diletakkan di empat sudut ruangan. Empat speaker ini dapat ditempatkan pada posisi kiri depan, kanan depan, kiri belakang, dan kanan belakang sehingga kesannya suara yang dihasilkan mengelilingi penonton.

Selain itu, surround sound system juga dapat menggunakan 6 saluran yang terdiri dari 5 saluran speaker standard dan 1 subwoofer. Di dalamnya sudah termasuk speaker tengah, speaker kiri depan, kanan depan, kiri belakang, dan kanan belakang. Suara yang dihasilkan tipe ini akan lebih jelas dan terasa seperti nyata. Tipe surround sound system seperti ini memiliki ukuran speaker yang lebih kecil dan lebih murah. Sangat ideal untuk digunakan pada ruangan dengan luas medium dan kecil.

Demikian pemaparan beberapa tipe audio sound system yang dapat anda gunakan di rumah. Pastikan tipe audio sound system yang akan anda beli sesuai dengan budget yang anda miliki ya.

Baca Juga : Audio Sound System

0 komentar:

Posting Komentar