Senin, 17 Juni 2019

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Sehat yang Bisa Anda Terapkan


Sebentar lagi memasuki bulan puasa, bulan yang penuh rahmat dan berkah tak terkira. Untuk melakukan puasa sehat sebaiknya jangan makan berlebihan ketika berbuka puasa karena dapat menyebabkan kram pada perut hingga diare dan gangguan gastroentritis karena perut dipaksa bekerja setelah beristirahat dalam waktu yang lama. Sebaiknya berbuka puasa dengan makanan yang ringan dan air putih lalu dilanjutkan dengan porsi makan biasa untuk makan malam dan hindari makanan asam dan pedas ketika berbuka.

Saat puasa di cuaca panas akan membuat tubuh mengalami tantangan terbesar ketika harus menahan haus dan membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi, parahnya dapat mengalami gangguan pada ginjal. Oleh karena itu atur jumlah dan frekuensi air yang diminum. Disarankan untuk mengonsumsi air putih 2-2-4 yaitu 2 ketika sahur, 2 ketika berbuka dan 4 ketika malam hari, hindari mengonsumsi kopi dan teh ketika sahur karena akan membuat tubuh lebih mudah merasakan haus. Ketika sahur serta berbuka maka sebaiknya hindari makan makanan junk food dan ganti dengan makanan kaya serat dan buah segar karena akan memberikan rasa kenyang tanpa kalori berlebih pada tubuh dan mencegah penyakit selama berpuasa.

Kenapa berbuka dengan yang manis adalah karena makanan maupun minuman dengan rasa manis memberikan energi. Energi ini berasal dari gula untuk memproduksi insulin dan baik untuk kesehatan. sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW adalah mengonsumsi kurma yang manis. Namun mengonsumsi makanan manis tidak boleh secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Berbuka dengan yang manis adalah dengan makanan atau minuman dari pemanis alami bukan buatan. Pemanis buatan lebih banyak menggunakan zat gula yang tidak baik untuk tubuh manusia. Banyak orang mengonsumsi kurma untuk mencegah anemia penyebab lesu dan letih dan membantu menyelesaikan masalah sembelit dan meningkatkan gerakan peristaltik. Untuk artikel yang lebih menarik dapat mengunjungi EF adults untuk mendapatkan seputar informasi terkini yang selalu update.

0 komentar:

Posting Komentar