Selasa, 25 Juni 2019

Negara Penghasil Susu Terbesar Dunia


Susu adalah salah satu menu dari empat sehat lima sempurna. Meskipun beberapa ada yang beranggapan bahwa makanan empat sehat lima sempurna tidak sehat dikonsumsi tiap harinya. Ada beberapa jenis susu diantaranya adalah; susu diet atau susu rendah lemak, susu untuk ibu hamil, susu untuk tulang, susu bayi, dan masih banyak lagi. 

Industri susu merupakan industri yang banyak menghasilkan lapangan pekerjaan. Banyaknya permintaan susu, membuat produksi susu harus ditingkatkan. Alhasil, muncul lah pabrik susu yang dibuat untuk memenuhi permintaan tersebut.

Negara Produsen Susu Terbesar

1. India
Dalam satu tahunnya India mampu memproduksi susu sekiranya 146.310.000 ton. Hasil ini lah yang membuat India menjadi salah satu produsen susu terbesar di dunia. Wilayah utama yang menghasilkan susu di India adalah Rajastan, Punjab, Andhara Pradesh, dan Haryana. Binatang ternak yang banyak menjadi alasan India dapat berkontribusi dalam jumlah banyak.

2. Amerika Serikat
Amerika mampu memproduksi sekitar 93.500.000 ton susu setiap tahunnya. Negara paman sam ini mengembangkan peternak susu sapi perah dengan sangat baik. Setiap tahunnya susu ini disebarkan ke 23 negara bagiannya. Tidak heran, dengan output yang dihasilkan Amerika mampu menempati posisi kedua negara produsen susu sapi berkualitas. 

3. China
Urutan ketiga ditempati oleh China. Setiap tahunnya negara ini mampu menghasilkan sedikitnya 45.000.000 ton susu sapi. Akan tetapi, meskipun China menjadi produsen susu  ketiga terbesar hasil ini masih kurang. Negara ini tetap mengimpor susu dikarenakan jumlah penduduk nya yang sangat banyak. 

Produsen Susu Segar di Indonesia
Meskipun Indonesia tidak masuk kedalam tiga besar negara produsen susu, bukan berarti Indonesia tidak menghasilkan susu. Masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang memproduksi susu enak. Selain enak rasanya tentu saja susu yang dihasilkan juga segar dan fresh. Susu yang langsung di perah dari sapi. 

Menurut Direktur Budidaya Ternak, Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi Selatan menempati posisi produsen susu sapi segar di Indonesia. Banyak sekali  kota-kota dan wilayah yang memproduksi susu dengan kualitas baik di pulau tersebut. Yogyakarta, Jawa Timur, Kabupaten Goa, Kabupaten Pariaman, dan Kota Panjang merupakan penghasil susu segar di Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar