Minggu, 19 Mei 2019

Ayah, Begini Tanda-Tanda Mau Melahirkan pada Ibu


Sebagai suami siaga, Anda tentunya diharuskan untuk selalu siap sedia apabila sang istri membutuhkan bantuan. Anda pun harus tau tanda apa saja yang terjadi pada sangn istri sesaat sebelum melahirkan agar si kecil bisa lahir dengan selamat tanpa gangguan ke dunia. Nah, di bawah ini daftar tanda tanda mau melahirkan yang biasa terjadi pada wanita. 

Lebih Sering Tidur Siang
Dengan membesarnya kandungan serta perubahan hormone yang terus terjadi, membuat tubuh wanita hamil sangat mudah mengalami kelelahan. Ditambah dengan posisi bayi yang semakin mendesak kandung kemih, membuatnya sulit tidur nyenyak di malam hari. Oleh karena itu kebanyakan wanita hamil akan memejamkan mata ketika matahari masih bersinar terik. 

Namun sebagian wanita hamil justru mengalami sebaliknya, bukan rasa lelah yang didapat akan tetapi berupa semangat berlebih untuk melakukan sesuatu. Hal ini pun wajar terjadi dan dapat dilakukan oleh ibu dengan catatan kegiatan yang dilakukan tidak memeras energy terlalu banyak pun tidak membahayakan si jabang bayi. 

Nyeri Punggung dan Kram Perut Lebih Sering
Otot serta sendi pada ibu hamil pun akan mempersiapkan dirinya menjelang kelahiran sang buah hati dengan menggeser serta meregangkan dirinya. Oleh karena itu tak heran apabila punggung serta bagian tubuh lainnya merasakan tekanan dan semakin nyeri. Otot perutpun melakukan hal serupa, sehingga kram perut sering terjadi.  

Turun Berat Badan
Menjelang kelahiran, peningkatan berat badan akan berhenti dan membuatnya tetap stabil. Namun hal ini tidak berlangsung lama karena wanita hamil akan mengeluarkan cairan lebih banyak akibat tekanan bayi pada kandung kemih, pun karena banyaknya aktivitas yang dilakukan. Namun hal ini tidak berbahaya selama cairan tubuh ibu terpenuhi. 

Keputihan Berubah Warna
Menjelang hari kelahiran, sang ibu pun akan lebih sering mengalami keputihan. Namun tanda-tanda mau melahirkan yang paling mendekati masa kelahiran si kecil adalah ketika wanita mengeluarkan cairan keputihan dari dalam vagina namun lebih kental dan berwarna kemerahan.

Keluarnya lendir berwarna kemerahan ini merupakan pertanda bagus karena beberapa hari kemudian si kecil akan lahir ke dunia. Jika tanda ini muncul, Anda sebaiknya segera membawa ibu menuju rumah sakit untuk pemeriksaan labih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.  

Frekuensi Kontraksi Meningkat
Kontraksi menjadi tanda lain yang sangat akurat memperkirakan kelahiran. Namun begitu, kontrasi terbagi menjadi dua, yakni kontraksi asli dan palsu. Kelahiran akan segera terjadi apabila wanita sudah mengalami kontraksi asli. Salah satu cara membedakannya dengan cara merubah posisi, apabila nyeri tidak hilang maka kontraksi yang terjadi adalah kontraksi asli. 

Jika Anda telah melihat satu dari tanda-tanda mau melahirkan yang terjadi pada tubuh sang istri, segera bawa ia ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain informasi di atas, masih banyak pengetahuan yang harus Anda pahami terkait bayi dan tips parenting lainnya dari Orami Magazine yang bisa Anda akses melalui orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar