Senin, 22 April 2019

Ini Dia Kerusakan Paling Fatal yang Bisa Terjadi Pada Genset Anda


Genset memang menjadi bagian yang penting, terutama jika pekerjaan Anda menuntut aliran listrik yang selalu menyala. Saat ini, genset memang satu-satunya solusi jika listrik mati tiba-tiba. Namun, kadang genset juga mengalami kerusakan yang mendadak. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada service genset 24 jam.

Nah, perlu Anda ketahui kerusakan paling fatal yang bisa terjadi pada mesin genset Anda. Berikut beberapa di antaranya.

Mesin Tiba-tiba Mati
Kerusakan fatal mesin genset salah satunya adalah mesin mati secara mendadak. Ini bisa sangat merepotkan Anda ya, apalagi kalau kebetulan listrik juga sedang mati. Penyebab terjadinya kerusakan mesin yang satu ini ternyata sangat beragam. Namun, yang paling sering adalah karena mesin terisi air terlalu banyak. 

Cara mengatasinya cukup mudah, yakni dengan membuang air dan udara yang berlebih di dalam pipa tersebut. Penyebab berikutnya adalah karena lubang ventilasi bahan bakar genset tersumbat. Cara mengatasinya tentu dengan membersihkan sumbatan yang di lubang ventilasi tersebut.

Mesin Tidak Menyala
Masalah yang bisa dibilang fatal pada mesin genset adalah mesin yang tidak mau menyala. Ini ditandai dengan mesin yang tidak mau berbunyi meski sudah berulang kali dinyalakan. Hal tersebut bisa disebabkan karena baterai yang sudah lemah atau bahkan sudah habis. Solusinya tentu dengan mengganti baterainya.

Penyebab lainnya adalah kawat yang putus atau kendor sehingga mesin tidak mau menyala. Yang harus dilakukan jika terjadi hal ini, maka dengan mengganti kawat tersebut sehingga mesin dapat menyala lagi.

Mesin Tidak Memiliki Daya
Mesin genset mau menyala, namun tidak memiliki daya? Ini sama saja tidak menghasilkan apa-apa. Biasanya hal tersebut terjadi karena plonter pompa pada mesin sudah aus. Kalau sudah begini, ada baiknya Anda mengganti pompa tersebut setelah diuji coba terlebih dahulu.

Itulah beberapa kerusakan mesin yang fatal pada genset. Jika sudah diperbaiki namun tak kunjung ada perubahan, segera bawa ke Sewatama. Perusahaan independent powerplant producer Indonesia ini menyediakan berbagai layanan servis termasuk servis genset.

0 komentar:

Posting Komentar