Selasa, 23 April 2019

Bunda Wajib Tahu Tentang 1000 Hari Kehidupan Pertama


Menyiapkan masa depan anak bukan hanya dari segi pendidikan saja akan tetapi memastikan jika asupan gizi sudah terpenuhi adalah hal yang tak bisa diabaikan. Itu sebabnya pemerintah terus berupaya mendorong para ibu khususnya mereka yang baru saja memiliki anak untuk mempersiapkan masa depan dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan. Mengapa? Ya, mulai dari pembentukan embrio atau sekitar 0 bulan hingga 2 tahun adalah masa emas dalam pertumbuhan anak.

Ada banyak sekali masa masa emas di saat hari pertama si kecil lahir ke dunia, salah satunya adalah dengan menstimulasi anak sesering mungkin agar  perkembangan anak akan lebih cepat. Stimulasi dari lingkungan juga dapat berpengaruh untuk perkembangan si kecil di 1000 hari pertama kehidupannya. Stimulasi dapat dilakukan sesering dan sedini mungkin untuk pembentukan hubungan antar sel dan saraf otak.


Lantas, apa solusinya guna memenuhi asupan 1000 hari pertama kehidupan? Yang pertama adalah memenuhi asupan gizi selama masa kehamilan. Sesaat setelah hasil positif menunjukkan kehamilan maka ibu hamil harus mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang dua kali lipat bernutrisi dan bergizi baik,  salah satunya adalah dengan memakan makanan buah dan sayuran serta ikan dan susu adalah beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Tak lupa juga mengkonsumsi vitamin yang dianjurkan oleh dokter seperti asam folat misalnya. Ya, vitamin ini sangat penting bagi perkembangan otak anak jadi pastikan untuk meminumnya. Oh ya, bagi ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan dimana biasanya akan mengalami penurunan. Untuk itu, jangan lupa juga untuk meminta vitamin penambah darah.

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksakan kandungan ke dokter spesialis atau bidan guna memastikan keadaan semuanya baik. Berkaitan dengan masa pertumbuhan maka sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin terutama menjelang masa kelahiran. 

Jadi, dengan penjelasan seputar masa 1000 hari kehidupan pertama maka tidak ada alasan bagi bunda untuk tidak memberikan yang terbaik buat pertumbuhan anak. Apalagi, hasil yang nantinya akan didapat berlangsung cukup lama hingga puluhan tahun. 

1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan otak dan jaringan tubuh lainnya. Jadi, pastikan asupan gizi seimbang dipenuhi setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar