Minggu, 24 Maret 2019

Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Anak Mimisan


Mimisan yang terjadi pada sang buah hati tentunya kerap membuat orang tua menjadi panik dan khawatir. Terlebih lagi jika mimisan tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya. Untuk itu demi memberikan penanganan yang tepat pada si kecil, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi anak mimisan.

Apa Itu Mimisan?
Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung karena mengandung banyak pembuluh darah kecil. Ketika pembuluh darah pecah maka hidung akan mengeluarkan darah. Jadi mimisan merupakan pendarahan dalam hidung yang disebabkan karena pembuluh dara yang pecah. Namun umumnya mimisan ini hanya terjadi pada satu lubang hidung saja. 

Jenis-Jenis Mimisan
Pada umumnya mimisan dibedakan menjadi 2 jenis tergantung dari asal pendarahannya, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior. Mimisan anterior biasanya berasal dai pembuluh darah paling depan hidung. Mimisan ini menyebabkan lebih dari 90% kasus epistaksis. Jenis mimisan ini sangat mudah ditangani baik dengan perawatan dokter atau perawatan rumahan. 

Sedangkan mimisan posterior sangat jarang terjadi bila dibandingkan dengan mimisan anterior. Jenis mimisan yang satu ini paling umum terjadi pada orang lanjut usia. Pendarahan yang satu ini berasal dari arteri di bagian belakang hidung. Hal ini tentu membuat penanganannya lebih sulit dan membutuhkan bantuan dokter THT. 

Faktor Penyebab Mimisan Pada Anak
Tak jauh berbeda dengan penyebab mimisan pada umumnya. Mimisan pada anak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun secara garis besar ada beberapa penyebab mimisan pada anak seperti memasukkan benda asing ke lubang hidung, kelelahan, suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, terbentur, dan lain sebagainya. 

Kapan Harus Meminta Pertolongan Medis? 
Umumnya ada beberapa indikasi yang menandakan bahwa mimisan pada sang buah hati harus segera ditangani dengan bantuan medis. Beberapa gejala tersebut antara lain seperti mengalami pendarahan di tempat lain secara bersamaan, mudah mengalami memar, sedang berada dalam pengaruh obat, memiliki penyakit yang berhubungan dengan pembekuan darah, dan lainnya.

Perawatan Mimisan dari Dokter
Jika Anda mengalami mimisan secara terus menerus dan membutuhkan bantuan tim medis, biasanya langkah perawatan yang diambil berdasarkan dengan penyebabnya. Pada umumnya dokter akan memberikan obat mimisan oles untuk membius dan menyempitkan pembuluh darah. Selain itu dokter juga akan membersihkan gumpalan dan kerap pada lubang hidung. 

Cara Mengatasi Mimisan Sendiri di Rumah
Pada umumnya metode penanganan mimisan pada sang buah hati biasa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan melakukannya sendiri di rumah atau bahkan dengan bantuan dokter. Jika mimisan yang terjadi merupakan jenis mimisan anterior, maka Anda dapat melakukan penanganannya sendiri di rumah. 

Cara mengatasi anak mimisan juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghentikan mimisan seperti es batu, bawang merah, air garam, perasan lemon, daun ketumbar, dan lain sebagainya. 

Selain menggunakan bahan alami tersebut, Anda juga bisa memberikan pertolongan pertama ketika si kecil mengalami pendarahan akibat mimisan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah menekan hidung menggunakan ibu jari selama beberapa menit, biarkan si kecil tetap duduk tegak, jangan dongakkan kepala ke atas, bungkukkan badan ke depan, dan sebagainya. 

Itulah beberapa penjelasan seputar mimisan pada anak yang perlu Anda perhatikan. Hal di atas perlu Anda perhatikan demi mendapatkan cara mengatasi anak mimisan yang sesuai dengan penyebabnya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips menarik lainnya hanya di berfaedah.com.  

0 komentar:

Posting Komentar