Minggu, 06 Januari 2019

Ini Dia Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami dan Mudah Untuk Anda


Bagaimana sih cara mengatasi asam urat secara alami? Bentuk pertanyaan yang satu ini tidak hanya ditanyakan oleh para penderita asam urat saja, tetapi mereka yang peduli seperti halnya keluarga, teman atau bahkan kerabat pun sering kali mempertanyakan hal yang satu ini apabila salah satu orang terdekatnya menjadi penderita asam urat.

Pada dasarnya asam urat sendiri hadir sebagai akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti halnya mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi yang tentunya dapat menjadikan kadar asam urat meningkat. Asam urat sendiri dapat dikeluarkan melalui urin secara alami, namun ketika ginjal mengalami disfungsi maka asam urat tersebut akan tersimpan di bagian sendi sehingga membentuk kristal asam urat.

Seperti dilansir harapanrakyat.com, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan asam urat. Hal itu bahkan dapat dilakukan dengan cukup mudah dalam aktivitas harian anda. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini :

Memantau kadar asam urat

Hal pertama yang dapat anda lakukan dalam cara mengatasi asam urat secara alami adalah melakukan pemantauan pada kadar asam urat itu sendiri. Untuk saat ini memantau kadar asam urat dalam tubuh dapat dilakukan dengan mudah, pasalnya sudah tersedia alat untuk mengecek asam urat yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda dengan alat pengecek kadar gula darah, sehingga anda pun dapat melakukan pemeriksaan kadar asam urat dengan lebih mudah dari rumah. Untuk kadar asam urat sendiri umumnya pada perempuan memiliki batas normal dengan jumlah 6mg/dL sedangkan untuk laki-laki berada di bawah 7mg/dL.

Rutin berolahraga

Selain proses pemantauan kadar asam urat dari dalam tubuh, cara mengatasi asam urat selanjutnya dapat anda lakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dalam hal ini anda dapat memulainya dengan melakukan aktivitas olahraga. Untuk hasil yang lebih baik, pastikan pula bahwa kegiatan olahraga yang anda jalani dilakukan dengan rutin, teratur dan juga memiliki intensitas yang seimbang setiap harinya, minimal 30 menit setiap harinya dan dilakukan selama 5 hari dalam waktu 1 minggu, sehingga hasilnya pun dapat anda rasakan dengan lebih maksimal.

Menjaga berat badan ideal

Orang dengan berat badan berlebih tentunya memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena beragam jenis penyakit, dan tidak terkecuali untuk jenis penyakit asam urat. Karena itulah cara mengatasi asam urat secara alami lainnya dapat anda lakukan dengan menjaga berat badan tubuh agar selalu berada dalam batas atau ukuran ideal.

Bagi anda yang sedikit kesulitan dalam menjaga berat badan tubuh, cobalah untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti halnya buah-buahan, sayuran, atau bahkan gandum utuh. Selain itu, pastikan untuk menghindari beragam jenis makanan yang mengandung tinggi kadar gula fruktosa seperti halnya permen, minuman berasa, atau bahkan kue dengan rasa manis dan beragam jenis makanan serupa lainnya.

Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih menjadi bagian penting dari konsumsi harian masyarakat Indonesia, bahkan untuk menjaga kesehatan dalam tubuh sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 hingga 10 gelas per harinya. Pasalnya dengan konsumsi air putih yang mencukupi, maka saluran cerna dari tubuh dapat diatur dengan baik, termasuk pada saluran kemih yang anda miliki.

Dengan kata lain  ketika mengonsumsi air putih secara mencukupi maka urin akan berada dalam kondisi encer, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan tubuh dan tidak mengendap menjadi kristal asam urat. Dengan demikian cara mengatasi asam urat secara alami itu dapat anda lakukan dengan mengonsumsi air putih secara mencukupi setiap harinya.

Konsumsi makanan alami

Makanan alami memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan beragam jenis makanan olahan. Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa jenis makanan alami seperti halnya buah-buahan, sayuran hingga umbi-umbian yang dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masalah asam urat, berikut diantaranya :

1. Ceri
Ceri menjadi buah berwarna cerah yang dapat digunakan dalam cara mengatasi asam urat. Buah ini dikenal dengan sifat anti inflamasi yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat mengonsumsi sebanyak 15 hingga 20 ceri setiap harinya dan rasa nyeri akibat peradangan dari asam urat pun dapat berkurang dengan mudah.

2. Pisang
Pisang dikenal dengan kandungan potasium yang tinggi, dan tentunya kandungan tersebut dapat mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi encer, sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan lebih mudah. Untuk hasil maksimal, serta mengurangi rasa sakit akibat peradangan ada baiknya bagi anda untuk mengonsumsi 2 buah pisang setiap harinya.

3. Lemon
Memiliki kadar vitamin C tinggi, lemon juga dikenal dengan kandungan anti oksidannya yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi lemon dapat dijadikan cara mengatasi asam urat agar kadar asam urat terjaga dengan lebih netral dan seimbang.

4. Jahe
Sama halnya dengan bahan-bahan alami di bagian atas tadi, jahe juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masalah asam urat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa jenis jahe yang banyak digunakan dalam ramuan herbal. Namun untuk mengatasi masalah asam urat jenis jahe yang umum digunakan adalah jahe merah. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi di dalam jahe tersebut yang juga dikenal sebagai jahe terpedas dan memiliki sifat anti inflamasi.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa cara mengatasi asam urat secara alami yang dapat anda ikuti dan lakukan dengan mudah.

0 komentar:

Posting Komentar