Selasa, 29 Januari 2019

Cara Yang Benar Membalut Luka Yang Terbakar


Mengalami luka bakar di kulit adalah salah satu luka yang cukup panas, perih bahkan dapat meninggalkan bekas. Maka dari itu Anda harus menangani luka bakar tersebut dengan cara yang tepat dan benar agar tidak terjadi infeksi pada kulit yang terkena bakar tersebut. Memang tidak mudah untuk mengobati luka bakar, harus sabar dan juga mengetahui tingkatan jenis luka bakar yang Anda alami. Sebagian orang mungkin sudah paham cara menangani luka bakar sendiri dengan perlengkapan P3K yang tersedia dengan Cara Membalut Luka Bakar dengan baik, ada juga yang datang ke dokter agar dilakukan tidakan medis.
Penanganan Luka pada kulit akibat terbakar memang harus ditangani dengan cepat, apalagi kalau luka bakar yang Anda alami cukup parah harus ditangani oleh tenaga medis. Luka bakar tingkat 1 atau kategori luka bakar ringan yang terjadi hanya kerusakan pada lapisan kulit luar saja, biasanya terlihat ruam kemerahan, agak bengkak, terasa perih dan panas di area luka tersebut. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan bagian luka tersebut dengan air bersih biasa, atau merendamnya dengan air supaya menghilangkan rasa sakit dan panas. Atau bisa juga menggunakan air kompresan. Kemudian lindungi luka Anda dengan menggunakan kain bersih atau kasa, jangan gunakan mentega atau pasta yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketika terjadi luka bakar di kulit, karena dapat memicu infeksi. Anda juga bisa meredakan rasa sakit dengan meminum obat pereda sakit yang dijual di toko obat, jika luka bakar tak kunjung sembuh segera bawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut. Karena luka bakar biasanya akan meninggalkan bekas pada kulit Anda.
Untuk luka bakar jangan Anda biarkan begitu saja karena dapat memicu terjadinya infeksi, maka dari itu Anda harus selalu siap sedia dengan peralatan P3K di rumah sebagai alat atau obat pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika terjadi luka ataupun kecelakaan ringan tanpa harus melakukan tindakan medis ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar