Jumat, 14 Desember 2018

Hindari Aktivitas Ini Pasca Operasi Total Knee Replacement


Biaya operasi TKR yang berkisar antara Rp70 juta memang dirasa cukup fantastis. Untuk itu, bagi seseorang yang baru saja menjalankan serangkai prosedur TKR, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat. Apa saja sih? Berikut merupakan beberapa aktivitas yang perlu dihindari pasca operasi TKR. 

Berlari

Setalah melakukan operasi total knee replacement, salah satu aktivitas yang perlu dihindari adalah berlari. Pasca menjalani operasi TKR, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang berat terlebih dahulu termasuk berlari. Pasien harus benar-benar mengistirahatkan kedua lututnya.

Pasalnya jika Anda melakukan aktivitas berat yang berhubungan langsung dengan sendi lutut dikhawatirkan dapat memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, hal ini juga perlu dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya Anda tak ingin biaya operasi yang Anda keluarkan menjadi sia-sia bukan? 

Latihan yang Rutin dan Padat

Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga secara rutin dan padat, ada baiknya Anda mengurangi jadwal latihan tersebut. Berikan waktu agar kedua lutut Anda bisa beristirahat. Sebab latihan yang terlalu padat pasca operasi total knee replacement justru akan memperburuk kondisinya.

Oleh sebab itu, istirahatkan diri Anda terlebih dahulu dan mulailah aktivitas tersebut ketika Anda benar-benar sudah pulih. Alangkah lebih baiknya bila Anda juga mengubah gaya hidup demi menjaga kesehatan sendi lutut Anda. Pastikan juga Anda memperhatikan semua instruksi dokter agar proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat. 

Olahraga Tertentu yang Berhubungan Langsung dengan Lutut

Bagi Anda yang baru saja menjalankan serangkaian operasi TKR juga harus menghindari olahraga-olahraga tertentu. Olahraga yang perlu Anda hindari adalah sepak bola, basket, dan tenis. Pasalnya olahraga-olahraga ini memungkinkan Anda untuk melakukan pergerakan yang berhubungan langsung dengan sendi lutut.   

Apabila Anda melakukan olahraga ini maka berari Anda memaksakan diri untuk bergerak menggunakan lutut. Padahal sendi lutut Anda seharusnya diistirahatkan setelah menjalani prosedur operasi TKR. Selian itu, olahraga tersebut juga memungkinkan sendi lutut Anda mengalami trauma akibat benturan yang justru akan memperburuk kondisi lutut Anda. 

Menaiki dan Menuruni Tangga

Pastikan Anda mengistirahatkan lutut Anda semaksimal mungkin setelah menjalani prosedur TKR. Hindari juga naik turun tangga. Sebab aktivitas ini akan memberikan beban yang terlalu berat pada sendi Anda yang membuat proses pemulihan menjadi lebih lama. Apabila lutut Anda sudah benar-benar pulih barulah latih lutut untuk menaiki dan menuruni tangga. 

Nah di atas merupakan beberapa aktivitas yang perlu dihindari pasca menjalani prosedur TKR. Pastikan Anda menghindarinya agar proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Anda juga perlu memperhatikan semua nasihat dokter sesuai dengan biaya operasi TKR. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi mengenai TKR di dokter.my.  

0 komentar:

Posting Komentar