Senin, 05 November 2018

6 Tips Hemat Tinggal di Bandung Untuk Mahasiswa


Bagi mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di kota Bandung sangatlah membutuhkan tempat tinggal. Namun anda harus mengetahui beberapa tentang kota Bandung untuk memudahkan anda dalam beradaptasi di kota Bandung nantinya. Banyak hal yang bisa anda ketahui tentang kota Bandung yang sangat menarik bahkan banyak para wisatawan berkunjung ke kota Bandung.
Mungkin sebelumnya Anda sudah mengetahui tentang kota Bandung dan bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Kota Bandung adalah kota yang dingin dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Karena Bandung terletak pada geografis yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkuk raksasa hal ini yang menyebabkan udara di Bandung lebih dingin daripada kota lain yang dekat dengan pesisir pantai.
Jadi jika anda adalah mahasiswa baru yang akan berencana mencari rumah kontrakan di Bandung sebaiknya anda jangan lupa membawa selimut dan jaket supaya anda tidak kedinginan nantinya. Dengan anda berencana untuk menempuh pendidikan di kota Bandung jangan anda mencari kontrakan yang sembarangan apalagi jika anda belum pernah merantau. Sehingga anda harus mencari kontrakan yang nyaman untuk anda tempati karena nantinya kontrakan anda itu sebagai tempat tinggal anda.
Berikut tips untuk anda dalam mencari rumah kontrakan di Bandung yang bisa menghemat pengeluaran anda sebagai mahasiswa :
  1. Survey harga dari jauh-jauh hari : terkadang bagi mahasiswa baru mereka baru pertama kali Merantau dan biasanya mereka belum mengetahui sama sekali tentang kisaran harga kontrakan di daerah yang akan mereka tuju. Sebaiknya anda bisa mencari kontrakan dengan harga ekonomis untuk menghemat biaya. Apalagi anda juga diberikan budget terbatas oleh orang tua anda dalam mencari rumah kontrakan.
  2. Prioritaskan kontrakan dengan tarif sewa perbulan : untuk pembayaran rumah kontrakan biasanya terdapat per bulan, per tahun atau per minggu. Sebaiknya anda mencari dengan metode pembayaran sewa perbulan. Karena jika suatu saat kamu merasa tidak betah mungkin karena suasana lingkungan yang tidak cocok dan ada tetangga yang membuat anda tidak betah anda bisa pindah pada bulan depannya.
  3. Cari lokasi kontrakan dekat dengan tempat makan : dengan anda memutuskan menyewa rumah kontrakan di Bandung, untuk anda makan pastinya anda akan menyiapkan semuanya sendiri. Dan jika anda tidak memiliki kendaraan sendiri anda bisa mencari kontrakan yang dekat dengan tempat tempat makan. Sehingga anda bisa berjalan kaki ke warung makan yang ada di sekitar kontrakan anda.
  4. Cari lokasi kontrakan yang dekat dengan fasilitas kendaraan umum : dalam mencari kontrakan anda juga harus mencari yang berdekatan dengan fasilitas kendaraan umum seperti halte, bus, pangkalan ojek dan lain sebagainya. Sehingga pada saat anda sedang terburu-buru anda tidak perlu mengalami kesusahan dalam menemukan kendaraan umum untuk pergi ke kampus atau ke mana pun.
  5. Jangan sungkan bertanya tentang fasilitas yang ada : Pada saat anda survei untuk mencari kontrakan dan bertemu dengan pemilik kontrakan sebaiknya anda jangan sungkan untuk bertanya tentang fasilitas yang ada di kontrakan tersebut. Jangan sampai disaat anda sudah membayar tarif sewa biaya tersebut belum termasuk biaya listrik, air dan fasilitas lainnya.
  6. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk pencarian kontrakan yang anda inginkan apalagi dengan adanya kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih anda bisa mencari kontrakan melalui smartphone anda. Sehingga anda tidak perlu datang dengan survei harga ke rumah kontrakan tersebut. Terlihat seperti apa fasilitas yang ada dalam kontrakan tersebut.
Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam mencari rumah kontrakan di Bandung yang bisa menghemat biaya anda pada saat anda tinggal di Bandung yang bertujuan untuk menempuh pendidikan. Tips ini sangat berguna jika anda masih mahasiswa baru yang baru Merantau. Jika anda tinggal di kontrakan anda harus bisa mandiri karena anda jauh dari keluarga dan orang tua. bahkan bisa menjadikan suatu pelajaran bagi anda untuk hidup mandiri dan belajar untuk mengelola keuangan anda.
Pastinya jika anda merantau ke kota lain anda akan jauh dari orang tua anda dan untuk biaya hidup anda akan dibatasi sehingga anda harus bisa mengelola keuangan anda secara baik agar anda menggunakan dana yang sudah diberikan orang tua anda secara baik. Mungkin jika anda masih baru pertama kali merantau untuk beradaptasi akan sulit namun lama kelamaan akan terbiasa karena anda pun sudah memutuskan untuk menempuh pendidikan di luar kota.
Sebaiknya juga anda mencari tempat tinggal yang berdekatan dengan kampus anda, sehingga dengan begitu anda tidak perlu naik angkutan umum lagi untuk mengakses ke kampus. Anda hanya tinggal berjalan kaki. Selain menghemat biaya juga akan menghemat waktu anda jadi anda tidak perlu terburu-buru datang ke kampus. Karena takut terlambat karena kemacetan di jalan.

0 komentar:

Posting Komentar