Sabtu, 23 Juni 2018

Trik Sederhana Membagi Tugas Mendidik Anak bagi Orang Tua


Parenting tentunya harus dilakukan oleh dua orang sebagai pasangan orang tua. Soalnya selama ini anggapan yang ada di tengah masyarakat adalah tugas mendidik anak semata tugas seorang ibu. Padahal tugas mendidik anak adalah kewajiban ibu sekaligus ayah. Hanya saja memang, dibutuhkan tips yang tepat dalam membagi tugasnya. Anda bisa mengikuti trik sederhana ini.

1. Bagikan Tugas Secara Jelas


Trik sederhana pertama yang bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan adalah dengan membagikan tugas secara jelas. Pembagian ini bisa meliputi pekerjaan rumah tangga hingga tentunya yang tidak boleh terlewatkan adalah tugas mendidik anak. Misal untuk ayah diberikan tugas di akhir pekan sedang ibu di hari-hari yang biasa. 

Dengan pembagian tugas yang jelas maka akan membuat pekerjaan mendidik anak dipikul bersama. Walaupun tentunya pembagian tugas tersebut tidak serta merta membuat kedua orang tua tidak bisa berkombinasi dalam mendidik anak. Soalnya anak tetap membutuhkan kehadiran kedua orang tuanya secara lengkap untuk mampu membentuk kondisi psikologis dengan baik.

2. Berikan Ketegasan Melalui Ayah


Kesalahan besar yang tidak boleh dibiarkan oleh setiap orang adalah terlalu memanjakan anak. Terutama ketika anak melakukan kesalahan dan dibiarkan begitu saja. Ketegasan tetap perlu diberikan untuk membuat anak belajar dari kesalahannya. Hal ini yang lebih baik tugasnya diberikan kepada sang ayah. Ketegasan melalui ayah akan bicara lebih banyak daripada ibu. 

Memang benar bahwa tugas parenting itu dikerjakan bersama-sama. Namun ada beberapa hal yang lebih baik diserahkan pada salah satunya. Contohnya adalah mendidik anak supaya lebih tegas maka apa yang diajarkan oleh ayah bisa mudah diterima. Dengan ketegasan ini maka membentuk mental anak sejak dini dan tidak membuat mereka terus dimanjakan. 

3. Berikan Kelembutan Melalui Ibu


Ibu yang merupakan seorang wanita tentu dikenal dengan sifatnya yang penyayang dan juga pengasih. Hal tersebutlah yang kemudian dapat ditularkan kepada anak mereka tentang sifat kelembutan. Dengan sifat tersebut, nantinya akan membuat si kecil lebih tahu tentang sopan santun dan juga tata krama. Hal ini akan berguna untuk masa depan mereka nantinya.

Jadi jangan anggap sepele didikan ini karena dianggap si anak bisa mengetahui dengan sendirinya. Tetap si kecil membutuhkan dampingan khusus dan juga didikan dari orang tuanya. Terutama dari ibunya tentang sifat kelembutan yang benar dan kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkannya. 

Dengan mengetahui tips parenting yang sudah dijelaskan di atas maka pembagian tugas untuk orang tua tidaklah terlalu sulit dilakukan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus terlalu kaku dalam menjalankan tips tersebut. Tetap saja, Anda membutuhkan keluwesan dalam menjalankannya dan melakukan improvisasi berdua bersama pasangan apabila dibutuhkan. 

0 komentar:

Posting Komentar