Senin, 23 April 2018

Sebelum liburan, periksa 5 hal ini sebelum tinggalkan rumah


Tanggal merah yang dekat akhir pekan kerap dimanfaatkan orang untuk berlibur ke luar kota bersama keluarga. Rumah pun bisa kosong hingga berhari-hari.

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal saat meninggalkan rumah. Tujuannya supaya Anda dan keluarga bisa berlibur dengan tenang, tanpa khawatir akan hal-hal buruk yang bisa terjadi pada rumah yang ditinggalkan.

Sedikitnya ada 5 hal yang harus Anda perhatikan. Simak berikut:

Periksa kompor gas


Hal pertama yang paling penting adalah memeriksa bagian dapur. Pastikan aliran gas dari kompor sudah mati. Agar lebih yakin, tidak ada salahnya mencabut regulator dari tabung gas untuk menjamin keamanan rumah dari kebocoran gas.

Keamanan rumah


Sebelum melangkah lebih jauh, periksa bagian-bagian rumah yang bisa dibuka, seperti jendela, pintu, dan garasi. Pastikan semuanya sudah dalam keadaan terkunci dan tidak terlihat dari luar.

Benda-benda yang dialiri listrik


Jangan biarkan ada kabel yang tersambung dengan stop kontak. Lakukan pemeriksaan pada pendingin ruangan, setrika, televisi, penanak nasi, penghangat air, dan benda-benda elektronik lain yang menggunakan tenaga listrik. Lakukan pemeriksaan dua-tiga kali untuk memastikan semua kabel telah tercabut dari stop kontak.

Siram tanaman


Bila memelihara tanaman, rawatlah terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah. Keluarkan tanaman-tanaman dari dalam rumah ke tempat yang teduh namun cukup cahaya. Jangan lupa siram tanaman beberapa saat sebelum Anda pergi agar bunga kesayangan memiliki energi cadangan.

Saluran pengairan


Tutuplah keran-keran air serapat mungkin, hingga tidak ada lagi tetesan. Buang juga sisa-sisa makanan ke tempat sampah. Membiarkan lemak dan minyak terbilas bersama air ke dalam saluran pembuangan bisa menimbulkan masalah baru sepulang liburan. Minyak yang mengering bakal menyumbat pipa air sehingga mampet dan perlu perbaikan.

0 komentar:

Posting Komentar