Rabu, 02 Mei 2018

Akses video meningkat saat Ramadan


General Manager Video Telkomsel, Adhi Putranto mengatakan, konsumsi data internet kala Ramadan dan Idul Fitri memang mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Apalagi saat menjelang Idul Fitri.

Pola konsumsi data internet yang cenderung tinggi itu, berdampak juga terhadap meningkatnya akses konten video pada jaringan Telkomsel. Setidaknya ada kenaikan hingga mencapai 50 persen lebih saat Ramadan dan Idul Fitri.

"Bisa lebih tinggi dari selain bulan Ramadan dan Idul Fitri ya. Jumlah pastinya harus dicek dulu. Tetapi bisa lebih dari 50 persen," ungkapnya di Jakarta, Selasa (5/6).

Meski begitu, diakui Adhi, di awal bulan Ramadan terjadi sedikit penurunan konsumsi video pelanggan Telkomsel. Hanya saja, itu terjadi saat awal Ramadan saja. Selebihnya konsumsi video kembali meningkat.

"Sebenarnya awal-awal Ramadan sedikit turun sih. Tetapi nanti naik lagi. Jadi setelah total sebulan lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," kata dia.

Terlepas dari bulan Ramadan, berdasarkan data dari Telkomsel, sebanyak 250 persen peningkatan akses konten video dalam kurun waktu setahun belakangan. Terdapat tiga aplikasi yang menjadikan meningkatnya akses video, antara lain YouTube, HOOQ dan Viu. Ketiganya menyumbang konsumsi video terbesar pada jaringan Telkomsel.

Di sisi lain, merujuk data internal Google tahun 2017, menyebutkan bahwa adanya kenaikan signifikan durasi menonton YouTube ketika Ramadan. Penelusuran YouTube naik hingga 40 persen dibandingkan hari biasanya.

Konsumsi menonton YouTube masyarakat Indonesia lebih banyak kala Ramadan, disebabkan karena banyak waktu 'luang'. Gampangnya, orang cenderung bingung untuk melakukan sesuatu kala tengah berpuasa. Maka, YouTube menjadi alternatif kegiatan di luar kewajiban seperti bekerja dan lain sebagainya.

"Banyak pengguna mungkin punya waktu banyak. Biar semangat berpuasa, yang dilakukan mereka adalah menonton video," ungkap Yudistira Adi Nugroho, Industri Analyst Google Indonesia di suatu kesempatan.

0 komentar:

Posting Komentar